Dahsyatnya Mankester

Jatinangor, 10 Juni 2010

Mankester adalah singkatan dari Manajemen Kesehatan dan Kesejahteraan Ternak salah satu mata kuliah wajib di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Mankester didapatkan di semester 4, bersamaan dengan mata kuliah Produksi Ternak yang lainnya. Aku sangat menyukai mata kuliah tersebut, dikarenakan selain feeding, breeding, dan management, kesehatan juga sangat penting dalam usaha peternakan selain pengolahan dan pemasaran.

UAS Mankester kebagian hari jumat setelah UAS Produksi Ternak Unggas, Produksi Ternak Perah, Produksi Sapi Potong dan Kerbau, dan Produksi Ternak Domba dan Kambing. Seperti biasa untuk mempersiapkan UAS aku belajar semaksimal mungkin, tetapi pada H-1 kepalaku sudah terasa pusing dan belajarnya pun kurang maksimal seperti hari biasanya. Aku membaca semua materi dan tidak kalah penting aku mempelajari soal-soal tahun sebelumnya. Aku menghapalkan kira-kira soal yang akan keluar, dan aku kurang menghapal bagian bab tertentu karena pikirku itu tidak bakal keluar dikarenakan tahun sebelumnya juga tidak ada.

1 jam sebelum ujian, di dekat pintu masuk Aula sudah banyak mahasiswa yang berkumpul sepertinya mereka ingin membantu pengawas untuk menyebarkan soal dari satu kursi ke kursi lainnya, hal ini dapat terilhami dari status di facebook nya salah satu temanku, Ambar namanya. Dia berkata ” Mau bantuin pengawas buka aula brgkt 1 Jam sblm ujian.,.? Pada heran da kerajinan gnii.. H0hoo”. Mereka sangat rajin ketika musim UAS, datang lebih awah dikarenakan banyak diantara mereka yang menganut filosofi Posisi Menentukan Prestasi. Ya, itu filosofi mereka, jika mereka duduk di kursi bagian tengah dan di sampingnya ada temannya yang pintar mereka dapat meminta jawaban.

Ujian pun sudah dimulai, ketika aku masuk dan melihat ada kertas polio dan di bawahnya ada kertas soal yang selembar, hatiku mulai khawatir, ini jangan-jangan soal tipe Essay yang aku tidak ketahhui jawabannya. Prediksi aku pun benar, itu soal Essay dan ajaibnya aku lupa, blank..akan jawabannya. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh temanku Akbar “Soalnya A.J.A.I.B mamang!!!!, dan P.A.R.A.HMANTAP SOALNYA GAN!!”, Santi “UAS nya Bikin Gendokkkkk… -,-“, Nela “ya allah eta soal,,., beneran cuma di liat doang,,..”, dan Sindy “pasrah dah ni mah… soal ujian ngan di kiceupan we aaaaaaaaahhhh siapa yg salah coba ?”. Soal Mankester tahun 2011 sangat berbeda jauh dengan soal-soal sebelumnya, aku pun sama seperti mereka yang banyak melamun dan berpikir dan berharap keajaiban itu ada daripada tanganku banyak menggerakka vena. Soal UAS di hari kelima ini sangat berbeda jauh dan menurutku ini soal yang paling sulit dibandingan dengan keempat soal UAS sebelumnya yang sudah aku sebutkan di atas. aku sepakat dengan temanku yang menulis “masya allah soal uas bukannya ksni makin gmpang ngrjainnya mlah smkin susah aja, pasrah -________-” kata Husnus.

UAS Mankester ini aku jadikan sebagai pembelajaran kalau belajar itu jangan terpaku sama contoh soal tahun sebelumnya, dan setelah selesai UAS kepala ku mulai pusing dan nyut-nyutan dikarenakn itu kebiasaan ku kalau tidak bisa/kurang maksimal dalam mengerjakan soal. Dan ketika aku menulis post ini aku masih dalam keadaan sakit kepala dan aku ingin segera mengakhiri UAS ini yang masih seminggu dan ingin segera liburan karena sudah mumet dengan Ujian. Seperti kutipan kata dari temanku Sindy “kosan udah sepi dan yang terpikir sekarang cm mau cpet2 liburan, udah mumet UAS (-_-!”)”. Alangkah baiknya kita lebih bijak dengan memaknai kalau ujian itu adalah untuk meningkatkan level kita, dan untuk meningkatkan itu kita perlu diuji..^_^

Posted on June 10, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

