Hanya Butuh 13 Menit

Jatinangor, 7 Juni 2011

Pagi itu, tepat jam 10 pagi aku melaksanakan Ujian Akhir Semester di Fakultas tempat aku menimba ilmu. Hari itu matakuliah yang diujikan adalah Produksi Ternak Perah yang menurut seluruh mahasiswa yang pernah dan sedang mengambil matakuliah tersebut menganggap bahwa matakuliah tersebut sangat sulit, dikarenakan materi yang diajarkan sangat banyak dan sangat sedikit mahasiswa yang dapat memahami seluruh materi yang diberikan apalagi sistem belajarnya SKS (Sistem Kebut Semalam) mahasiswanya termasuk aku..hehe..sejarah membuktikan dari berdirinya Fakultas dan ada matakuliah tersebut hanya ada 1 mahasiswi yang berhasil mencapai nilai akhir 80 tanpa katrol dan berhak menerima nilai mutu A. Aku sangat termotivasi untuk menjadi mahasiswa pertama yang mendapatkan nilai A tanpa katrol, semoga itu dapat terwujud pada pengumuman nilai nanti. seperti biasa aku dan mahasiswa lain sehari sebelum ujian dan biasanya malam mencari informasi ke teman-teman untuk menanyakan punya apa tidak contoh soal tahun lalu dan aku pun dapat contoh soal itu. Aku belajar dari sore sampai malam dan dilanjut besok paginya secara materinya banyak kan. Aku belajar dari materi yang diberikan dosen dan dari contoh soal yang aku dapat dan aku mencocokkan jawaban yang tertera apakah benar atau salah dengan materi yang sedang aku pelajari. besok paginya, aku dan mahasiswa lain mulai tegang, gelisah, dengan soal yang akan dihadapi dan ada faktor lain yaitu dosen matakuliah yang bersangkutan ada yang sangat-sangat tegas dan tidak pernah kompromi, suatu ketika beliau mengawas dan hampir 20 mahasiswa kena coret dan mendapatkan nilai nol (0) karena berlaku curang. Waktu uiian pun sudah mulai, pintu Aula sudah dibuka, lembar soal sudah menunggu untuk dikerjakan dan muka yang sangat tegas sudah dipertontonkan oleh pengawas. dan ternyata, ketika aku membuka soal tersebut…100% sama dengan soal yang aku dapat semalam yang dari tahun sebelumnya..ada celetukan dari temanku..ah ini mah 15 menit juga selesai, selain celetukan ada juga rasa syukur dari salah satu mahasiswi..alhamdulllah sama (sambil tersenyum lebar) dan aku hanya mengerjakan soal yang berjumlah 70 soal dengan waktu 13 menit..yahh..rekor untuk matakuliah yang dianggap sebagian mahasiswa sangat sulit, dan aku pun tersenyum lebar ketika mengumpulkan lembar jawaban dan keluar dari ruangan.

Posted on June 8, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

